Senin, 24 Juni 2

024; MA Al Amiriyyah Blokagung kedatangan tamu lagi untuk silaturrohim dan studi tiru dari MA Futuhiyyah 1 Mranggen Demak. Kegiatan yang dikemas dengan Rihlah Ilmiyah ini disambut oleh pengasuh pondok pesantren Darussalam Blokagung, kepala madrasah dan pengurus pesantren begitu meriah. Kegiatan ini kali kedua pada tahun yang sama, yaitu studi tiru dari MA Al Hidayah Karangploso Malang pada 4 Mei 2024.

Hisyam Syafaat dalam sambutannya menyampaikan bahwa Mranggen yang terkenal dengan para pakar ilmuwan agama , alim allamah sangat berkesan di hatinya. Pernah ketika mengaji bersama Kyai Muslih, di tengah-tengah pengajiannya Kyai Muslih mengatakan Malaikat Hadliruun Malaikat Hadliruun (para malaikat hadir), maksudnya adalah ketika pengajian berlangsung banyak malaikat yang ikut hadir untuk mengikuti pengajian Kyai Muslih. Selain itu juga ada kenangan yang tidak pernah dilupakan, salah satunya adalah pernah marung (makan di warung) miliknya Rita Sugiarto seorang penyanyi wanita dari soneta.

Ahmad Fauzan selaku kepala madrasah juga menyampaikan bahwa masih banyak hal-hal yang perlu untuk disinkronkan terkait dengan pengelolaan madrasah yang sama-sama dalam naungan Kementrian Agama. Tentunya disana-sini masih banyak kelemahan dan kelebihan di masing-masing madrasah. Kelebihan-kelebihan itulah yang nanti akan diadopsi untuk diterapkan dalam mengelola madrasah. Di MA Al Amiriyyah sudah mengembangkan digitalisasi pembayaran melalui aplikasi Si Santri. Dalam aplikasi tersebut banyak informasi tentang pembayaran, uang saku, laporan keaktifan siswa dan lainnya. Aplikasi ini bisa digunakan untuk laporan wali murid tentang keaktifan anaknya juga memantau pembayaran syahriyah, dan memantau saldo uang saku anaknya.

Fauzan menambahkan bahwa selain tambahan materi pembelajaran di kelas unggulan, baik unggulan tahfidz, ulumul qur’an dan sains ada kegiatan intensif bahasa asing. Program ini sinergi dengan program dari Penma Kemenag Kabupaten Banyuwangi yaitu Gerbang (gerakan berbahasa asing). Dalam program ini MA Al Amiriyyah bekerja sama dengan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIMSYA untuk lebih mengintensifkan bahasa asing kepada siswa-siswi. Dengan adanya kegiatan kebahasaan ini ada manfaat yang diperoleh madrasah yaitu bisa menghantarkan siswa-siswi MA Al Amiriyyah Blokagung meraih prestasi di tingkat provinsi.

Leave a Comment